Beli Lebih Banyak Harga Lebih Murah Disini !!!

Efek Buruk Pengobatan Kanker Kelenjar Gatah Bening Dengan Kemoterapi

Kenapa Ada Efek Samping Ketika Menjalani Kemoterapi?

Benar saja orang yang menjalani kemoterapi mengalami jua komplikasi. Analoginya seperti berikut: tubuh anda dimasuki oleh racun yang cukup kebal dan kuat. Fungsi utamanya adalah membunuh sel kanker yang membahayakan tubuh. Racun tersebut selain membunuh sel kanker, juga berpengaruh pada sel normal lainnya. Artinya bagian tubuh anda yang normal juga ikut rusak, seperti ginjal, hati, paru paru, jantung, dam sebagainya. Simak juga mengenai Sistem limfatik
Apabila racun yang dimasukan ke dalam tubuh terlalu kuat atau berlebihan, akan mengganggu sistem imunitas anda. Kebanyakan mereka yang menjalani kemoterapi juga mengalami infeksi sebagai bentuk efek samping. Paling penting andalah melakukan kemoterapi dengan mengambil efek samping seminimal mungkin.

Berikut ini Efek Buruk Pengobatan Kanker Kelenjar Gatah Bening Dengan Kemoterapi :

- Iritasi jaringan mulut

Adanya iritasi jaringan mulut juga terjadi setelah anda melakukan kemoterapi. Hal ini menyebabkan sariawan dan tenggorokan. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan betadine obat kumur atau berkumur dengan air garam. Ingat jangan makanan yang keras dan alot. Gunakan sikat gigi yang lembut untuk mengurangi rasa sakit dari sariawan tersebut.

Iritasi jaringan mulut secara umum juga bisa terjadi karena :
  • radioterapi kanker serviks
  • kanker mulut
  • pengobatan kanker kulit
- Kurang darah

Melakukan kemoterapi juga mampu menurunkan produksi eritrosit atau sel darah merah. Hal ini akan memperngaruhi sistem tubuh lainnya sebab konsumsi oksigen di dalam tubuh untuk beberapa organ berkurang. Pasien akan sangat mudah sesak napas, lesu, lelah, dan sangat mudah pusing bahkan sampai pingsan. Untuk menghindarinya dengan cukup istirahat dan konsumsi suplemen yang mampu membantu mempercepat produksi darah di dalam tubuh.

- Kulit menjadi kering

Efek samping lain setelah melakukan kemoterapi adalah kulit anda menjadi lebih kering dan terasa gatal-gatal bahkan sampai bersisik dan mengelupas. Kulit juga menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari. Anda di anjurkan untuk tidak berada di bawah sinar matahari langsung, dan menghindari tempat berdebu serta kotor.

- Muncul alergi

Salah satu bentuk respon tubuh sebagai efek kemoterapi getah bening adalah muncul gejala alergi serta tubuh menjadi lebih hipersensitif. Hal ini di tandai dengan adanya rasa gatal gatal, ruam pada kulit, susah bernapas, juga terjadi pembengkakan pada bibir, lidah, dan kelopak mata. Untuk menindak lanjuti pengobatan lebih lanjut, hubungi dokter.

- Mudah diare

Anda juga akan merasakan diare setelah menjalankan kemoterapi kanker. Hal ini di sebabkan karena pasien kekurangan gizi, stress dan di liputi kecemasan. Anda juga merasa sakit perut seperti kram dan kembung. Sebaiknya pasien tidak memakan makanan mentah, biji bijian, jenis kacang kacangan serta makanan yang terlalu panas dan dingin. Justru di anjurkan untuk memperbanyak makan telur, kentang, roti tawar serta buah pisang.

- Menurunkan nafsu makan di sertai mual dan muntah

Bukan hanya merontokan rambut, kemoterapi juga mampu menurunkan nafsu makan. Keadaan ini akan sangat dekat dengan kondisi tubuh dehidrasi dan konstipasi. Anda juga akan mengalami mual dan muntah muntah. Sebab obat dari kemoterapi memang memicu untuk muntah. Sebaiknya pasien yang menjalani kemoterapi selalu diberi makan dalam jumlah yang sedikit-sedikit namun terus berlanjut. Mereka juga sangat sensitif dengan makanan yang beraroma tajam seperti berminyak, berlemak, pedas, asam, terlalu manis, dan panas. Anda bisa mulai mengakali dengan memberikan jahe anget atau teh aroma mint.

Penurunan nafsu makan secara drastis akan terjadi pula pada :
  • gejala kanker darah
  • gejala kanker otak
- Kerontokkan rambut

Salah satu efek samping yang paling mudah di lihat dari pasien paska melakukan kemoterapi adalah kerontokan rambut. Hal ini terjadi karena sel folikel rambut sangat mudah membelah dengan cepat, seperti halnya sel kanker yang di radiasi oleh kemoterapi. Karena tidak bisa membedakan mana yang sel kanker dan sel sehat, kemoterapi membunuh ke duanya. Tak ada cara lain untuk menumbuhkan rambut kembali. Satu satunya adalah dengan mengenakan wig atau tetap tampil dengan rambut seadanya.

Kerontokkan rambut ini juga akan dirasakan pada :
  • pengobatan kanker darah
  • operasi kanker otak 
Kesimpulannya, pilih pengobatan yang tepat yang memungkinkan tidak ada efek buruk terhadap kesehatan tubuh anda lainnya.